Workshop Citilink Creative Academy @ Bandung 11-13 April 2013





Syukur alhamdulilah berkat workshop yang diadakn oleh Citilink, membuat saya semakin semangat untuk mengembangkan kemampuan saya di bidang blogger sehingga, memungkinkan saya untuk memiliki teman yang lebih banyak lagi melalui media dunia maya.
Workshop yang dilaksanakan selama 3 hari ini memiliki cerita tersendiri yang berkesan bagi para peserta dimana, dari sekian ribu orang yang mendaftarkan diri di FB untuk mengikuti acara ini, ternyata hanya sebanyak 20 orang saja yang berkesempatan untuk mengikuti acara tersebut.
Pada akhirnya berkumpullah ke-20 orang tersebut, untuk mengikuti acara workshop tersebut yang disponsori langsung oleh Citilink.Acara ini dilaksanakan di Cafe Bradford di samping Taman Pramuka Bandung.
Hari pertama di isi dengan pembukaan yang langsung di Pimpin oleh Mba Marischka Prudence dan dibuka juga oleh perwakilan dari Citilink.pada materi pertama kami diberi gambaran mengenai travel blog, disana diberikan penjelasan bahwa sesungguhnya setiap orang ingin jalan-jalan menikmati keindahan panorama dunia ini.Namun sangat sedikit sekali orang bisa menggapainya.
Nah disinilah keunikan dan rahasianya dimana mba pru sendiri sering bepergian ke tempat-tempat wisata yang ada di Nusantara ini mulai dari Aceh sampai Alor, dan rata-rata perjalanan mba pru ini GRATIS alias Ga Bayar loh.Gimana Caranya Yah...!
Inilah yang membuat saya bertanya-tanya akhiranya sampailah Mba pru mengeluarkan jurus rahasianya, guna bagaimana kita bisa travel (jalan-jalan) tanpa mengeluarkan biaya yang cukup besar bahkan bisa jadi Gratis.Tunggu Episode Selanjutnya Ya....(to be Continue).
Share:

75 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. SHALAT ISTIQA

    Musim kemarau setiap tahunnya pasti datang, dan kerap kali warga yang dilanda kekeringan karena musim kemarau ini sering mengeluh. Bagi umat muslim tidak usah khawatir. Karena kita mempunya Allah SWT yang Maha Kuasa atas segalanya, dengan mudah musim kemarau yang menyebabkan kekeringan dapat ia batalkan diganti dengan hujan deras yang memberikan kenikmatan dikerongkongan kita. Ada yang dinamakan shalat istisqo. Istisqo secara bahasa adalah meminta turun hujan. Secara istilah yaitu meminta kepada Allah SWT agar menurunkan hujan dengan cara tertentu ketika dibutuhkan hamba-Nya.

    Hukum shalat Istisqo adalah sunnah muakkadah bagi yang terkena musibah kelangkaan air untuk minum dan kebutuhan lainnya. Dianjurkan bagi kaum muslimin lainnya yang masih mendapatkan air, bentuk ukhuwah dan tolong menolong dalam kebaikan dan ketakwaan.
    Dalil tentang shalat istisqa
    Allah SWT berfirman:
    فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا(10)يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا(11)وَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَلْ لَكُمْ
    جَنَّاتٍ وَيَجْعَلْ لَكُمْ أَنْهَارًا(12)

    Maka aku katakan kepada mereka: “Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, –sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun–,niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai” (QS. Nuh: 10-12)


    Hadits Rasulullah SAW:

    َعَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ: ( خَرَجَ اَلنَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم مُتَوَاضِعًا, مُتَبَذِّلًا, مُتَخَشِّعًا, مُتَرَسِّلًا,
    مُتَضَرِّعًا, فَصَلَّى رَكْعَتَيْنِ, كَمَا يُصَلِّي فِي اَلْعِيدِ, لَمْ يَخْطُبْ خُطْبَتَكُمْ هَذِهِ ) رَوَاهُ اَلْخَمْسَةُ, وَصَحَّحَهُ اَلتِّرْمِذِيُّ,
    وَأَبُو عَوَانَةَ, وَابْنُ حِبَّانَ


    Ibnu Abbas Radhiyallaahu ‘anhu berkata: Nabi Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam keluar dengan rendah diri, berpakaian sederhana, khusyu’, tenang, berdoa kepada Allah, lalu beliau shalat dua rakaat seperti pada shalat hari raya, beliau tidak berkhutbah seperti pada shalat hari raya, beliau tidak berkhutbah seperti khutbahmu ini. Riwayat Imam Lima dan dinilai shahih oleh Tirmidzi, Abu Awanah, dan Ibnu Hibban.

    BalasHapus
  4. assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
    bah saya udah selesai lihat di alamat ini bangmarko.blogspot.com

    BalasHapus
  5. Biografi Singkat Abu Hurairah

    Abu Hurairah lahir pada tahun 21 sebelum Hijriyah. pada masa Jahiliyah, sebelum ia msuk Islam, namanya Abu Syamsi. ia Masuk Islam pada tahun ke-7 Hijriyah, ketika perang Khaibar sedang berkecamuk. Abu hurairah langsung terjun ke dalam perang tersebut. setelah ia msuk Islam, Nabi SAW memberinya nama Abdurahman.
    Abu Huraurah sangat menyenangi seekor kucing, sehingga sering kucing itu digendong, dirawat, diberi makan dan bagi kucing itu disediakan tempat khusus. maka beliau digelari pula dengan Abu Hurairah, yang artinya orang yang menyanyangi kucing. Nama lengkap Beliau adalah Abu Hurairah bin Shakhkhar. Ibunya adalah Maimunah, yang sempat masuk Islam sebelum wafatnya.
    Abu Hurairah adalah seorang di antara Muhajirin yang miskin, Ia termasuk salah seorang Ahlush Shuffah, yaitu sahabat yang tinggal di Madinah. Beliau tidak punya rumah untuk tinggal, tidak punya tanah untuk bercocok tanam, tidak punya barang dagangan untuk dijual. walaupun demikian beliau tegar dalam menghadapi hudup dan sanggup menerima SAW seara baik bahkan beliau orang yang paling banyak menghafal dan meriwayatkan hadits-hadits.
    Nabi SAW daripada sahabat-sahabat Nabi yang lain. Para Perawi hadits banyak meriwayatkan hadits dari beliau.
    Iman Syafi’i pernah berkata: “Abu Hurairah adalah orang yang paling banyak menghafal hadits bila dibandingi dengan perawi-perawi di masanya.”
    Abu Hurairah adalah seorang ahli ibadah, begitu juga istri dan anaknya. Mereka semua biasa bangun pada malam hari secara bergiliran. Beliau bangun pada sepertiga malam kedua dan kemudian anaknay pada seprtiga malam terakhirnya.
    Pada masa Khalifah Umar bin Khatab beliau pernah diangkat menjadi gubernur Bahrain. Beliau wafat pada tahun ke-59 Hijriyah dalam usia 78 tahun.
    Wallahu A’lam
    Biografi Singkat Abdulah Bin Mas’ud
    Nama lengkapnya adalah Abdulah bin Mas’ud bin Ghafil bin Hamid al-Hadzaly, tetapi terkenal dengan Ibnu Mas’ud saja.
    Beliau termasuk sahabat yang tertua dan utama orang keenam masuk Islam dan sangat dekat dengan Rasullulah SAW. Pada masa remaja beliau pernah bekerja sebagai pengembala kambing milik ‘Uqbah bin Mu’ith. Pada waktu itulah Nabi SAW. berkata kepadanya: “Engkau akan menjadi orang terpelajar.”
    Beliau hidup miskin, tak punya harta benda, badanya kecil dan kurus, serta tidak berpangkat; kedudukan dan keduniannya jauh berada di bawah. Sebelum masuk Islam beliau sangat takut berjalan dihadapan pemimpin Quarisy. Tetapi setelah masuk Islam beliau sengaja tanpa rasa takut berjalan di hadapan pemuka-pemuka Quarisy Yang berada di samping Ka’bah, dan
    Mengumandangkan wahyu Ilahi (ayat-ayat Al-Qur’an) di hadapan Mereka.
    Kelebihan-kelebihan :
    * Hafal Al-Qur’an 30 juz.
    * Ahli mengenai arti dan makna Al-Qur’an.
    * Luas Ilmunya tentang fiqh.
    * Telah mendapat izin dari Rasulullah SAW untuk memasuki rumah beliau, siang ata upun malam.
    * Kuat Ibadah dan penuh taqwa.
    * Tidak suka memburu pangkat, mengejar kedudukan, serta memperbutkan kekuasaan dan kekayaanya.
    * Merupakan orang pertama yang mengumandangkan ayat Al-Qur’an didepan masyarakat Mekkah.
    Pada masa Khalifah Umar beliau diangkat menjadi Qadhi(hakim) dan ketua Bait Al-Maal(bagian perbendaharaan kaum muslimin) di kufah. banyak merwayatkan hadits dalam kitab hadits Bukhari dan Muslimin serta kitab-kitab lainya. Beliau wafat di Madinah pada tahun 32 H dan dimakamkan di pekuburan Baqi.
    Demikian riwayat hidup Ibnu Mas’ud, seorang yang berperawakan kurus, kecil, anak miskin terlunta-lunta, (yang semula) tak punya pengaruh dan kedudukan. tapi Allah melebihkan beliau menjadikannya sahabat Nabi yang utama, sebagai as-Saabiquun al-Awwaliin (orang terdahulu beriman), dan penerima kabar gembira berupa jaminan surga yang penuh kenikmatan.
    Wallahu A’lam

    BalasHapus
  6. Biografi Abu Hurairah
    Home » Shahabat » Biografi Abu Hurairah

    Diposkan oleh Bayu Setiawan on Senin, 27 Februari 2012

    Biografi Abu Hurairah - (wafat 57 H) Abu Hurairah adalah sahabat yang paling banyak meriwayatkan hadist Nabi Shallallahu alaihi wassalam , ia meriwayatkan hadist sebanyak 5.374 hadist.

    Abu Hurairah memeluk Islam pada tahun 7 H, tahun terjadinya perang Khibar, Rasulullah sendirilah yang memberi julukan “Abu Hurairah”, ketika beliau sedang melihatnya membawa seekor kucing kecil. Julukan dari Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam itu semata karena kecintaan beliau kepadanya.

    Allah Subhanahu wa ta’ala mengabulkan doa Rasulullah agar Abu Hurairah dianugrahi hapalan yang kuat. Ia memang paling banyak hapalannya diantara para sahabat lainnya.

    Pada masa Umar bin Khaththab menjadi Khalifah, Abu Hurairah menjadi pegawai di Bahrain, karena banyak meriwayatkan hadist Umar bin Khaththab pernah menetangnya dan ketika Abu Hurairah meriwayatkan sabda Rasulullah shallallahu alaihi wassalam :” Barangsiapa berdusta mengatasnamakanku dengan sengaja, hendaklah ia menyediakan pantatnya untuk dijilat api neraka”. Kalau begitu kata Umar, engkau boleh pergi dan menceritakan hadist.

    Syu’bah bin al-Hajjaj memperhatikan bahwa Abu Hurairah meriwayatkan dari Ka’ab al-Akhbar dan meriwayatkan pula dari Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam, tetapi ia tidak membedakan antara dua riwayatnya tersebut. Syu’bah pun menuduhnya melakukan tadlis, tetapi Bisyr bin Sa’id menolak ucapan Syu’bah tentang Abu Hurairah. Dan dengan tegas berkata: Bertakwalah kepada allah dan berhati hati terhadap hadist. Demi Allah, aku telah melihat kita sering duduk di majelis Abu Hurairah. Ia menceritakan hadist Rasulullah dan menceritakan pula kepada kita riwayat dari Ka’ab al-Akhbar. Kemudian dia berdiri, lalu aku mendengan dari sebagian orang yang ada bersama kita mempertukarkan hadist Rasulullah dengan riwayat dari Ka’ab. Dan yang dari Ka’ab menjadi dari Rasulullah.”. Jadi tadlis itu tidak bersumber dari Abu Hurairah sendiri, melainkan dari orang yang meriwayatkan darinya.

    Cukupkanlah kiranya kita mendengar kan dari Imam Syafi’I :” Abu Hurairah adalah orang yang paling hapal diantara periwayat hadist dimasanya”.

    Marwan bin al-Hakam pernah mengundang Abu Hurairah untuk menulis riwayat darinya, lalu ia bertanya tentang apa yang ditulisnya, lalu Abu Hurairah menjawab :” Tidak lebih dan tidak kurang dan susunannya urut”.

    Abu Hurairah meriwayatkan hadist dari /abu Bakar, Umar, Utsman, Ubai bin Ka’ab, Utsman bin Za’id, Aisyah dan sahabat lainnya. Sedangkan jumlah orang yang meriwayatkan darinya melebihi 800 orang, terdiri dari para sahabat dan tabi’in. diantara lain dari sahabat yang diriwayatkan adalah Abdullah bin Abbas, Abdullah bin Umar, Jabir bin Abdullah, dan Anas bin Malik, sedangkan dari kalangan tabi’in antara lain Sa’id bin al-Musayyab, Ibnu Sirin, Ikrimah, Atha’, Mujahid dan Asy-Sya’bi.

    Sanad paling shahih yang berpangkal daripadanya adalah Ibnu Shihab az-Zuhr, dari Sa’id bin al-Musayyab, darinya (Abu Hurairah).

    Adapun yang paling Dlaif adalah as-Sari bin Sulaiman, dari Dawud bin Yazid al-Audi dari bapaknya (Yazid al-Audi) dari Abu Hurairah.

    Ia wafat pada tahun 57 H di Aqiq.

    BalasHapus
  7. Assalamu'alaikum @bah Mul..
    ini blog saya qodrillahfachri.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. punya wulan kelebihan jumlah ada 1.546 kata coba diperbaiki

      Hapus
  8. Assalamualaikum pa ini blog dina..
    dinanurulafifah.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. punya nurul jumlah katanya ada 1.504 tolong diperbaiki

      Hapus
  9. bah ini blog riki suprianto kelas X-A
    rikiset.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. punya riki jumlah katanya 502 kelebihan kata mohon diperbaiki

      Hapus
  10. assalamualaikum.
    bah ini blog syifa XI IPA
    syifatasya.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. punya syifa kelebihan jumlah katanay ada 1.543 coba diperbaiki

      Hapus
    2. udah dibenerin bah, di cek lagi aja. udah pas apa masih kurang..

      Hapus
  11. bah ira udah tolong di lihat takut salah lagi ,,,sudah pas 1000 kata,,,,

    BalasHapus
  12. bah, yang ririn udah nyampe belum bah ?
    takutnya belum.

    BalasHapus
  13. bah ini blog ririn.
    ririnpratami.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. punya ririn baru 948 kata masih kurang perbaiki

      Hapus
    2. bah, kan ririn kls x-a, katanya 500 kan bah ?
      yang kemaren pertama tuh udah 500 kata bah, waktu di cek di ms.word juga 500.
      cuma barusan ririn tambah dalil sama hadits nya lagi bah.
      pusing abahhhh....
      punten cek lagi bah,, hehe

      Hapus
  14. Bah ini blog ahmad arif kelas X-A
    http://oibbasstardo.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. punya ahmad arief baru 482 masih kurang coba perbaiki

      Hapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. http://blognyeviddy.blogspot.com/2013/06/awal-penciptaan-manusia-dan-tahapan.html

    vidddy maulana kelas X-b

    BalasHapus
  17. bah coba cek lagi yg RIKI IRAWAN (bangcimahi.blogspot.com)

    BalasHapus
  18. assalamualaikum
    bah, kunjungi blog ajeng ajengcijerah.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. punya ajeng jumlah katanya baru 1.436 masih kurang coba perbaiki kembali

      Hapus
  19. Bah Ini blog nya ahmad darajat
    http://ahmadsiajat.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. punya ahmad darajat masih kurang jumlah katanya baru 997 kata coba diperbaiki

      Hapus
  20. bah ini perubahannya pas 500
    rikiset.blogspot.com
    Riki Suprianto X-A

    BalasHapus
  21. assalamualaikum bah kunjung blog erna, yulianadago.blogspot.com



    BalasHapus
    Balasan
    1. punya yulia kelebihan kata jumlah katanya 1.528 kata coba diperbaiki

      Hapus
    2. bah ini erna, itu th 1.528 termasuk judul

      Hapus
    3. bah yang erna udah di perbaiki coba lihat lagi

      Hapus
  22. Assalamu'alaikum @bah_mul..
    udah di ubah lagi da bah, di cek kembali okee
    nuhun bah :)
    qodrillahfachri.blogspot.com

    BalasHapus
  23. bah aku udah ngerjain di lihat ya bah ini nama blog aku
    juwitaneng.blogspot.com

    BalasHapus
  24. Assalamualaikum.... abah alhamdulilklah tugas nita udah... di cek yanh abah...... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. lupa... ni9
      blognya nita bah..http://nirahadrinhanhanhasangoptimisme.blogspot.com/

      Hapus
  25. assalamu'alaikum @bah mul.. pnya dina udh di prbaiki, di cek lg az bah.. nuhun bah :) dinanurulafifah.blogspot.com

    BalasHapus
  26. beh ni yang MOHAMMAD ALI RASYID
    >>>> http://worstword.blogspot.com/ <<<<
    jangan disuruh ulang yah beh,.
    nuhun,, mikum

    BalasHapus
  27. beh ini yang aras http://worstword.blogspot.com/

    BalasHapus
  28. tah beh iyeu anu firly
    http://frozafounder.blogspot.com/

    BalasHapus
  29. bah kunjungi blog erni,yulianidago.blogspot.com

    BalasHapus
  30. bah ini punya siti hajar kelas sepuluh-b
    ssuntreesrg@gmail.com

    BalasHapus
  31. assalamu'alaikum
    bah lihat di sini tugas saya
    mastaylorlucu.blogspot.com
    insya allah benar bah

    BalasHapus
  32. assalamu'alaikum
    abah yg sy udah selesai
    cek deui bah pas atau gak bah
    soal nya habis uang hehehehe

    BalasHapus
  33. bah saya udah ngerjain coba cek lagi,udah ambo abis dokunya kewarnet waeeee.....:(

    BalasHapus
  34. assalamualaikum.
    bah coba liat yang saya. bangbogor.blogspot.com

    BalasHapus
  35. assalamualaikum , bah ini yang ajeng udah diperbaiki coba diliat ajengcijerah.blogspot.com

    BalasHapus
  36. abah ini yang hilwa http://wahilwa.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. punya hilwa kebanyakaan teuing jumlah katanya aja ada 7.097 kata

      Hapus
  37. assalamualaikum, abah ini tugas yang punya syifa udah di benerin, jumlah katanya udah pas 1500 kata, diluar judul dan angka. di cek lagi aja bah di http://syifatasya.blogspot.com/

    BalasHapus
  38. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  39. Biografi Abu Hurairah


    Abu Hurairah lahir pada tahun 21 sebelum Hijriyah salah satu sahabat penghafal hadis yang luar biasa yang sangat saya kagumi, beliau dilahirkan di negeri Yaman, yatim semasa kecilnya, tidak berkerabat kecuali ibunya, Abdu Syams (hamba matahari) nama semasa Jahiliyah, Abdurrahman bin Shakhr Ad-Dusi nama setelah taslim (masuk Islam) di hadapan Thufail bin Amru Ad-Dusi, Shuffah nama almamaternya.

    Itulah Abu Hurairah RA, sosok yang akan kita perbincangkan pada “Tokoh Islam” kali ini.
    Abu Hurairah, demikian nama itu biasa dikenal, sejatinya Rasulullah menamainya Abdurrahman, tetapi beliau seringkali memanggilnya dengan, "Abu Hirr" sebagai panggilan intim. Mengapa lalu dipanggilnya dengan Abu Hurairah (Bapak kucing kecil) ? Hal itu mengingat pada masa kanak-kanak, ia mempunyai seekor kucing kecil sebagai teman main, sehingga teman-temannya memanggilnya dengan Abu Hurairah.

    Pada tahun-tahun pertama setelah memeluk Islam ia masih tetap tinggal di Yaman, di tengah-tengah kaumnya, namun akhirnya berpindah ke Madinah. Sesampainya di Madinah, Abu Hurairah mencurahkan waktunya untuk menemani dan melayani Nabi saw. Dia mengajak ibunya untuk masuk Islam sembari memintakan doanya kepada Rasul dan akhirnya doanya terkabul ibu Abu Hurairah masuk Islam. Selama itu Abu Hurairah tetap berbakti kepadanya.

    Abu Hurairah menetap di Suffah (suatu tempat di Mesjid Nabi yang dikhususkan untuk para sahabat yang tidak berpunya) dan selalu menyertai Rasul di mana saja beliau berada. Hal itu membuatnya hafal hadis dalam jumlah yang sangat banyak. Apalagi setelah Rasul mendoakan agar dia tidak melupakan ilmu yang pernah dia peroleh.

    Penghafal lebih dari 1600 hadis Nabi. Ini pernah mengatakan, "Saya menghafal pada saat kaum Muhajirin sibuk berdagang dan kaum Anshar sibuk bercocok tanam."

    Dia itu pecinta berat ilmu pengetahuan, sampai pernah pada suatu saat dia pergi ke pasar di Madinah dan mengatakan kepada yang hadir, "Kalian semua duduk saja di sini, sedang warisan Rasul sedang dibagi-bagi di Mesjid." Mendengar itu semua orang pergi ke Mesjid. Setelah sampai, ternyata tidak menjumpai kecuali orang-orang yang sedang salat, membaca kitab suci Alquran dan mengkaji ilmu pengetahuan. Mereka semua heran terhadap Abu Hurairah. Dia lalu mengatakan, "Itulah warisan Nabi Muhammad saw."

    Ketika pada suatu masa dimana taraf kehidupan di kota Madinah meningkat akibat banyaknya harta rampasan, keadaan Abu Hurairah ikut berubah. Dia mempunyai rumah, istri dan anak. Tetapi itu semua tidak merubah sifat rendah hati, kesenangannya terhadap ilmu, rajin beribadah, sungguh dan taat.

    Ketika pada masa pemerintahan Muawiyah bin Abi Sofyan r.a. Abu Hurairah dijadikan gubernur Madinah. Tetapi itu pun tidak merubah ketakwaan dan kehati-hatiannya dalam menghindaarkan diri dari dosa. Dia selalu puasa di siang hari dan melakukan salat pada malamnya.

    Kata-kata Abu Hurairah yang sering disenandungkan adalah, "Saya tumbuh dan berkembang dalam keadaan yatim, hijrah dalam keadaan miskin, pernah bekerja pada Bisrah binti Ghazwan dengan bayaran sekadar pengisi perutku. Saya melayani orang apabila turun dari kendaraan dan membantu mengangkat badannya sewaktu naik. Lalu Allah berkenan mengawinkannya (Bisrah bint Ghazwan) denganku. Segala puji bagi Allah yang membuat agama tegak dan membuat Abu Hurairah menjadi pemimpin".

    BalasHapus
  40. iyeubah alamatna
    http://tbdamaikan.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. okey kan bah? http://tbdamaikan.blogspot.com/

      Hapus
  41. BIOGRAFI ABU HURAIRAH

    Menurut pendapat mayoritas, nama beliau adalah 'Abdurrahman bin Shakhr ad Dausi. Pada masa jahiliyyah, beliau bernama Abdu Syams, dan ada pula yang berpendapat lain. Kunyah-nya Abu Hurairah (inilah yang masyhur) atau Abu Hir, karena memiliki seekor kucing kecil yang selalu diajaknya bermain-main pada siang hari atau saat menggembalakan kambing-kambing milik keluarga dan kerabatnya, dan beliau simpan di atas pohon pada malam harinya. Tersebut dalam Shahihul Bukhari, bahwa Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam pernah memanggilnya, “Wahai, Abu Hir”.

    Ahli hadits telah sepakat, beliau adalah sahabat yang paling banyak meriwayatkan hadits. Abu Muhammad Ibnu Hazm mengatakan bahwa, dalam Musnad Baqiy bin Makhlad terdapat lebih dari 5300 hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah Radhiyallahu 'anhu.

    Selain meriwayatkan dari Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau Radhiyallahu 'anhu juga meriwayatkan dari Abu Bakar, Umar, al Fadhl bin al Abbas, Ubay bin Ka’ab, Usamah bin Zaid, ‘Aisyah, Bushrah al Ghifari, dan Ka’ab al Ahbar Radhiyallahu 'anhum. Ada sekitar 800 ahli ilmu dari kalangan sahabat maupun tabi’in yang meriwayatkan hadits dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'anhu, dan beliau Radhiyallahu 'anhu adalah orang yang paling hafal dalam meriwayatkan beribu-ribu hadits. Namun, bukan berarti beliau yang paling utama di antara para sahabat Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam.

    Imam asy Syafi’i berkata,"Abu Hurairah Radhiyallahu 'anhu adalah orang yang paling hafal dalam meriwayatkan hadits pada zamannya (masa sahabat).”
    Abu Hurairah Radhiyallahu 'anhu masuk Islam antara setelah perjanjian Hudaibiyyah dan sebelum perang Khaibar. Beliau Radhiyallahu 'anhu datang ke Madinah sebagai muhajir dan tinggal di Shuffah.[4]

    Amr bin Ali al Fallas mengatakan, Abu Hurairah Radhiyallahu 'anhu datang ke Madinah pada tahun terjadinya perang Khaibar pada bulan Muharram tahun ke-7 H.

    Humaid al Himyari berkata,"Aku menemani seorang sahabat yang pernah menemani Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam selama empat tahun sebagaimana halnya Abu Hurairah Radhiyallahu 'anhu.”

    Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam mendo’akan ibu Abu Hurairah Radhiyallahu 'anhu, agar Allah memberinya hidayah untuk masuk Islam, dan do’a tersebut dikabulkan. Beliau Radhiyallahu 'anhu wafat pada tahun 57 H menurut pendapat yang terkuat.

    BalasHapus

Popular Posts

Recent Posts

Pages